Selasa, 28 Juni 2011

Seminar Otak Kanan

Kadis Pendidikan Rekomendasi Seminar Otak Kanan

Mempawah, Sabtu 11 Juni 2011. Seminar otak kanan yang bertemakan Keajaiban Belajar untuk pertama kalinya diadakan di Mempawah kabupaten Pontianak. Sedangkan secara keseluruhan seminar ini telah diadakan sebanyak 59 kali di 12 kota di Indonesia, dan di mempawah adalah seminar keajaiban belajar yang ke 60 kali dan kota yang ke 13.

Seminar otak kanan yang di inspirasi oleh sebuah buku Keajaiban Belajar yang ditulis oleh Yunsirno, dan telah 5 kali cetak ulang dalam waktu kurang lebih 1 tahun ini, dan telah dibedah di 60 kali seminar di 13 kota di Indonesia. sebuah buku yang berisikan 4 buku atau biasa akrab disapa dengan Tetra Books Pertama di Dunia. Buku ini hadir dilatarbelakangi oleh pengalaman belajar penulis yang juga menemukan metode cepat dan efektif belajar yang disebut  Kampoenk Jenius, dengan program 6 Minggu Bisa bahasa Inggris. dimana program bahasa inggris ini telah berjalan di 60 angkatan di 9 Kota di Indonesia, diantaranya Pontianak, Malang, Padang, Palembang, Cirebon, Tasikmalaya, Karawang, Batam, dan Surabaya.

Seminar otak kanan di mempawah ini terselenggara atas kerjasama antara BIRENA (bina remaja dan anak-anak Muslim) dan Sang Bintang School sebagai lembaga utama yang mengadakan seminar dan program 6 Minggu Bisa bahasa Inggris.

Seminar ini di hadiri kurang lebih 60 orang peserta yang terdiri dari Guru-guru sekolah dan siswa-siswa di Mempawah dan sekitarnya. Seminar ini dibuka dengan sambutan dari Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pontianak, Drs. H. Zulkifli Salim, M. Si dan ketua BIRENA, Chairul Mahfuddin, S.Pd. dalam sambutan ini, Kadis secara terang mendukung seminar otak kanan sebagaimana dipaparkannya “sebenarnya hari ini saya punya banyak agenda di tempat yang berbeda, cuma ketika saya membaca ada seminar otak kanan ini, saya langsung memutuskan hadir untuk membuka acara ini, karena saya pikir acara ini akan memajukan pendidikan di kabupaten Pontianak yang hari ini masuk peringkat buntut di urutan 11 se-Kalbar. Dan saya akan rekomendasikan seminar ini juga untuk dilaksanakan di Kabupaten Pontianak untuk semua gurunya dan mungkin selanjutnya bisa juga untuk murid-muridnya”. Seiring dengan pernyataan Kadis, Ketua Birena juga menilai seminar otak kanan ini sangat baik untuk diadakan di setiap sekolah, dan pihaknya siap untuk mendukung pelakasanaannya.

Seperti namanya, seminar otak kanan ini berbeda dengan seminar pada umumnya, seminar ini dimulai dengan pertanyaan dari peserta terlebih dahulu, sebelum pemateri dalam seminar ini membawakan materinya. Dalam seminar ini juga peserta dipandu oleh pemateri yaitu Yunsirno, dengan suasana yang menyenangkan dan penuh motivasi dan inspirasi belajar mudah ala otak kanan, tentang bagaimana mengajar dan belajar secara mudah dan efektif. Dengan mengenali diri dan apa cita-cita kita dengan mengoptimalkan otak kanan dan otak kiri dalam proses pembelajaran di sekolah.dalam seminar ini jua Yunsirno menekankan kepada para pendidik untuk mengajar dengan hati, dimana seorang pengajar mampu mengenali siapa siswanya dan cara mengajar yang sesuai dengan karakter siswanya. Sebagaimana yang telah dilakukan oleh Yunsirno di 60 angkatan program kursus bahasa inggris 6 Minggu Bisa, selama kurang lebih 6 Tahun di Sang Bintang School.

Sampai seminar ini berakhir, peserta masih merasa waktu untuk seminar ini sangat kurang dan ingin dilanjutkan sampai tuntas, namun waktu seminar sudah habis, sehingga seminar hari itu harus diakhiri dengan wajah penasaran dari semua peserta seminar.@ridho

Tidak ada komentar:

Posting Komentar