Selasa, 22 November 2011

Hari pertama fakultas klub jenius


oleh Nike Merlinta pada 12 November 2011 jam 13:00

Kelas hari ini kita mulai dari jam 10.29.
materi tentang Pendidikan  1 oleh tedy..uuups, maksunya bg ridho..^_^ hehehe

nike benar2 antusias banget pagi ini….sampai2 nike mengeluarkan gaya kekanak-kanakan nike , seakan sedang menunggu eskrim kesukaan nike dibagikan…(eskriiiiiiiiiim…I love u so much^_^)
Kelas dimuai dengan mata kuliah tentang pendidikan yang disampaikan oleh bg ridho….tempat sudah disiapakan selebihnya pematerilah yang pinter2 membuat  atmosfer SBS pada peserta yang datang. Sebelum bg ridho memberikan materi, bg ridho meminta nike untuk jadi MCnya..karena nike rada pemalu gituuuuuh..jadinya nike serahkan ke fyan….luar biasa dengan PDnya dia mengambil tawaran itu tanpa  banyak bicara (hehehe nike jadi malu……harusnya kan nike…maaf n makacih ya fyan ^_^), setelah itu dilanjutkan dengan tilawah yang disampaikan ole bg ridho….seneng banget suaranya bagus…nike ngeliat sampai tag memejamkan mata..hehehe…lebay.com.
setelah tilawah selesai seperti biasa dia mensetting music……sehingga suasana menjadi semakin hidup…
tidak lama kemudian dengan sedikit intermezzo, bg ridho memberikan kertas setengah lembar ke kami2 semua…. Karna nike gak dapat, jadinya nike embat/ambil punya ikin hehehe….dia tag marah lho……heheh. Makasih ya ikin, sabar2 ja ya ngadapin nike..^_^. Tidak lama kemudian bg ridho memberi pertanyaan “ kondisi  seperti apa yang memperihatinkan dunia pendidikan di Indonesia kita saat ini,berikan contohnya” setelah itu meminta kita untuk menjawan What, when, where n How (kayak gitu kan bg ridho…?)
pembukaan yang sangat menarik, karna kita langsung diajak untuk membuka pikiran kita seluas-luasnya tentang kondisi pendidikan kita saat ini…..
setelah itu bg ridho meminta salah satu dari kita untuk mempresentasikan hasil jawaban yang telah kita buat. Dan keberuntungan jatuh ditangan adit..dia yang mendapatkan kesempatan untuk menjelaskan jawabannya,,padahal nike pingin banget kalau nike yang maju..ngarep.com
tapi tag pa masih ada kesempatan berikutnya…
mr.adit sedang mempresentasikan jawabannya..^_^
aditpun dengan penuh keyakinan maju kedepan, di menjelaskannya menggunakan bahasa inggris… dia sangat percaya diri ..nike suka orang yang percaya diri…..terus semangat mr.adit…^_^.
tidak lama kemudian setelah dia menjelaskan, tangan nike tak sabar untuk bernyata……. Nike berusaha untuk tetap pada pendirian nike, begitupun dia…seru ..sampai2 tag terasa kelas sudah berjalan 1 jam lamanya…so pada akhirnya kelas pun berakhir..^_^..see u  bg rihdo..thanks for knowledgenya…..^_^..
kelaspun ditutup dan akan dilanjutkan setelah ISOMA..
time: 12.30.Kelas dilanjutkan dengan kelas Pra kelas…dan saya meminta laily untuk membatu saya karna dia sangat  aktif sekali berbicara..^_^
(adikku laily membantuku untuk menjelaskan yang sedang menjelaskan ialah andriyani… soulmateku yang satu ini sedang membantu laily untuk menjelaskan tentang Klub Jenius..heheh thank ya..
(mereka sangat antusias mendengar andriyani menjelaskan..begitu pula mr.didi yang dibelakang ni, tatapannya..mantaffff…. )(oy ini kuliah sang sangat keren lo.kita sangat santai .sampai2 ada yang memakai celana model terbaru… mantaf fyan…. Terinspirasi dari bg ridho ya…wkwkwkwkw)sekitar 1 jam laily membantu saya untuk menjelaskan tentang warna2 kelas yang ada diklub jenius hehehe semoga mereka bisa paham seiring waktu..amiii ya rabbal alamin ^_^...kegiatan kita hentikan sementara untuk melaksanakan panggilan ALLAH SWT..(mari kita ketemu sma kekasih abadi kita..^_^)sementara yang lain pada sholat nike menyiapkan kebutuhan untuk kuliah berikutnya..heheheh lagi2 makasih untuk yg udah bantuin..kali ini nike mengambil settingan tempat ditaman SBS
ganti suasana gitu loh,…..^_^
bangku pun sudah disiapkan, nike siti dan laily mengatur siasat….tapi sedikit gangguan tapi tag pa..kuliah tetap dilanjutkan
(fyan ..sangat membuat nike penasaran karna untuk menarik perhatiannya kita harus pandai2..ditambah lagi dia tipe orang yang adaptasian dulu ma lingkungan baru(fyan yang bilang ndiri…), tapi nike gak nyerah..nike ajak salah satu intruktur untuk mendampingi nike didepan.. heheh biar ada temen…
(uups ternyata masih belum bisa buat fyan memperhatikan nike..wah tag bisa nich, nike gak bakal nyerah…tapi kali ini tambah berat lagi karna ternyata adekku harist juga menunjukkan gejala2 bosan…ooooh tidak bisa,….. harus pakai strategi nich…
(Alhamdulillah fyan akhirnya menunjukkan ketertarikannya…tapi si harist masih tetap pada pendiriannya..wkwkwkw dasar adekku yang satu ini luar biaseeeee…)
Alhamdulillah sepertinya berhasil, terlihat wajah2 yang penasaran…nike meminta mereka untuk menjadi aktor /aktris… saat nike bilang siapa yang berani maju kedepan dan membuat nike tertawa…dengan sangat PD andri menjawab….seneng deh andri masuk perangkap, karna dia yang mengangkat tangan akhirnya dialah yang akan nike pasangkan dengan didi, dimana andri harus membuat didi tertawa….diawal…andri belum menunjukkan tanda-tanda kemenangan wkwkkwkw.tapi pada akhirnya andri lah yang menang ..hidup andri…merdeeekaaaaa. ^_^.
step1...
andri...menaaaang ^_^
setelah itu kita lanjutkan lagi karna andri yang menang andri yang memilih siapa yang akan maju berikutnya…..karna nike yakin andri dan nike one heart, jadi nike yakin dia memilih orang yang sama yang ada dipikiran nike…so, the result, andri memilih fyan..(menurut kalian apakah sama dengan yang ada dipikiran nike…?)
fyan pun dengan santainya pergi kedepan, nike mulai mencari pathner yang cocok dengan fyan..pilihan pun jatuh di tangan ahmad….. sekarang tugas fyan untuk membuat si ahmad tertawa..terserah dengan cara papun..yang penting halal. Heheh ada2 ja nike nich..^_^
disini ada kejadian lucu….wkkwkwkwkwk..tapi seru….akhirnya melihat fyan tertawa lepas…^_^)
Hasil akhirnya ahmad yang menang..
pertarungan selanjutnya…si ahmad memilih laily untuk kita jadikan korban…walah2, maksudnya mangsa heheh sama ja ye..^_^..dan patnernya  nike memilih teguh…
Kasusnya laily menjadi murid manja , dia sangat manja sekali dengan teguh, tapi suatu saat si teguh ini haru s tegas sama  laily bahwa, laily gak boleh terus menerus seperti itu, tapi si teguh gak secara lngsung bilangnya, Ia harus menggunakan kata yang terselubung…
Dibagian ini lucu banget…(wkwkwkwk, coba deh Tanya peserta yang datang…karna nike gak sanggup untuk berkata sejujurnya. Wwkwkwkw)
Wkwkwk kelucun terus berlanjut…sepertinya teguh mengalami kesulitan hehehe ayooo teguh..kamu bisa…..^_^
teguh gagal…asikkkkk adekku menang…asik makan eskrimmmmmm.. hehehe ngibur_diri.com ..^_^ Setelah pengocokkan perut selesai….lalu nike meminta mereka untuk merubah tatanan bangkunya..
(ikin ketawanya…wwkwkwkwk lucu banget keh kin^_^?.trus mr. di2 knapa, malu, kan mau difot,o..masak hari gini malu difoto….hehhehhe )
Sebelum nike masuk ke materi berikutnya,,, makna games kita tadi memiliki 3 makna yang sangat kusus. Nike mulai dengan meminta mereka untuk membedakan maksa tersurat dengan tersirat, setelah mereka sudah membedakan, lalu nike meminta mereka untuk memberikan 3 makna tersirat games tadi…. Orang yang pertama menjawab ialah….hayooo siapa..ciri2nya dia seperti tidak memperhatian tapi ternyata sebaliknya…pilihlah salah satu dari orang2 sukses yang ada di foto yang terpampang diatas……. Bisa jawab. Pakah jawaban anda sama seperti nike…? Ayooo siapa yo…?..jwb:…
Setelah itu tes2 pun diberikan, luar biase mereka antusias sekali dan sakit bersemangatnya mereka berulang-ulang kali jatuh keperangkap yang saya buat… permainnya ini saya lakukan untuk memberika pandangan kalau kalian  mengajar kalian harus punya kreativitas tinggi yang gak ada matinya saat berhadapan dengan anak-anak…tetapi selain itu juga kita tetap harus memperhatikan para intruktur yang lain, yang akan sangat membatu anda nantinya…kesuksesan suatu tim, berada pada kerjasama yang solid dari tim itu sendiri… so guys…creat .. the best teamwork..^_^.
 setelah materi selesai diberikan, nike meminta para instruktur untuk memberikan kesimpulan untuk memastikan mereka paham dengan apa yang nike inginkan..
Luar biase..sangat kontras, diawal kita tertawa terbahak-bahak..diakhir mereka bisa sangat serius seperti ini.. guys..selamat kalian jadi aktor dan aktris terbaik hari ini..
 sebagai penutup saya ingin memberikan kata2 indah dari buku “ Living Islam ”

kita harus berani berkata pada diri sendiri, “ Don’t give me a thousand of excuse to do nothing. Give me just one reason to life the burden. “ jangan beri aku sejuta kilah untuk tak berbuat sesuatu. Beri aku satu alasan saja, untuk melakukan yang aku mampu…”
so  my family…it’s SHOW TIME…. ..

…..(nike gak tahu sampai kapan nike di SBS, jadi kalau ingin belajar tentang klub jenius, datang ke pontianak, nikeakan berikan semua ilmu tentang klub jenius trus nike akan tunjukkan sebuah team yang keren abiz, tim klub jenius yang T-O-P-B-G-T. saat kalian datang , kalian tidak akan hanya penasaran belajar tentang klub jenius dari nike, tapi dari seluruh team nike, bahkan mungkin kalian akan berpaling dari nike, karna instrukrue klub jenius mempunyai ilmu yang gak jauh beda dari nike, mereka punya passion yang luar biasa tentang dunia yang penuh warna itu, dunia klub jenius, dunia anak..^_^, dunia yang sangat menikmati hidup tanpa beban
. Welcome for fyan, ikin and adit in my lovely town…Pontianak..)
..
(widi) pendapat: menurut widi, kebersamaan dilakukan untuk dapat mengerti antara satu dengan yang lainnya, bila ada kebersamaan saat proses belajar mengajar maka belajar akan semakin muda & bila ada kebersamaan diantara instruktur maka kerjasama pun dapat terjalin. nb: sayang, widi hanya bisa mengikuti ttidak sampai setengah dari kegiatan, maaf ya miss......
(didi) seorang pemimpin harus tegas sama halnya dengan guru karena yang menjadi motor dalam kelas adalah guru dan penggunannya adalah murid 2. dari apa yang ditrainnerkan tadi jelas seorang tarinner harus bisa mengendalikan suasana buat mereka bisa terpengaruh oleh kita
(didi) 1. pas didi maju kedepan : makna : teacher is an actor..so..profesional 2. harus yakin dengan diri sendiri 3. be creative 4. seruuu \^o^/ 5. berfikir diluar kebiasaan 6. sadar ruang (be sensitive..hahaha) 7. guru itu pencipta iklim dalam kelas. 8.sebelum memahami karakter murid, pahami karakter instrukturnya... 9. membuka kelas dengan suasana happy 10. membuka kelas dengan suasana happy 11. kelas ribut Gpp, tapi asal mereka mau belajar n paham
1. harus lebih sensitifdengan keadaan 2. lebih peka terhadap lingkungan 3. mesti berkonsentrasi dalam setiap keadaan walaupun spontan 4. lebih mengenal karakter teman 5. harus pandai membuat suasana dalam kelas 6. jangan mudah menyerah dengan keadaan 7. mesti menjadi pencipta jangan pengikut aja
mengajarkan kreatif tanpa berpatokan pada yang ada 2.jeli pada setiap apa yang terjadi disekitar kita 3 tidak terpesona pada apa yang ada didepan kita 4. berani tampil beda 5. berani mempertahankan apa yang menurut kita benar 6. tidak cepat terpengaruh
(idris) 1. alhamdulillah ya insyaAllah saya akan mempraktekkannya apabila aku sudah di cirebon, banyak pelajaran yang saya dapet dari mba nike 2. saya akan menerapkannya kalau dicirebon sudah ada biarpun masih sedikit2 yang saya ingat tapi insyaAllah untuk menerapkannya saya bisa semuanya terdapat di memori insyaALLAH..
(Laily) 1. Fokus bukan hanya sekedar fokus, tapi dapat memblocking pandangan 2. Stop follower bukannya flower 3. karakter guru menentukan karakter murid 4. jangan lupakan u/ mengenali karakter sesama instruktur 5. say no to JAIM saat berhadapan dgn murid 6. Apapun yang dikatakan nara sumber gak semuaya harus diturutin 7. jangan takut mengekspresikn diri 8. SPIDOL bukan segalanya 9. Menerapkan dan mengaplikasikan segala indra itu penting 10. menghidupkan indra kekreatifan dan menghubungkan dgn lingkungan. 11. segala ucapan itu, PENUH makna. 12. relakan saja, agar keikhlasan mengalir diHATI ^,^
(Haris) 1. Pengenalan karakter (mengenal) 2. dapat membaca karakter seseorang dan bisa tau mengatasinya 3. intinya di worksshop hari ini bisa mengetahui karakter dari teman2 lain yang belum bisa saya ketahui
(Sari) 1.instruktur dapat berakting ketika didalam kelas atau dapat membawa suasana dalam kelas sehingga dapat membawa kearahnya 2. mengenali karakter tiap murid atau instruktur 3. instruktur tidak harus menonton, dapat menjadi pemimpin buat dikelas dan muridnya lebih berarti berani bertindak
(fitri) 1. temukan yang baik walau itu berbeda 2. yakinlah, dengan alasan 3. jangan mengikuti sesuatu jika bisa menciptakan >>menyenangkan sekali > khusus ms.nike eeeeeem..b tak jadilah !
(teguh) 1. saya dapat belajar menjadi aktor 2. trainer yang menarik sehingga dapat membuat saya terfokus padanya 3. mengerti akan kepemimipinan 4. saya lebih yakin u/ membuat pendirian sendiri dan kritikan yang berani 5. saya mengerti berbeda itu adalahyg menarik dan unik 6. smoga trainning ini tetap berlanjut dan tambah seru 7 sukses dan trims for miss nike..
(andri) 1. ketelitian 2. konsentrasi 3. jangan terlalu patuh, jika masih bisa ditawar/nego 4. konsisten 5. harus mengenal/ karakter sesama 6. sep...sepp.sep... mantap bikin naik darah
(fyan) untuk dari saya jangan sombong atau terlalu memperlihatkan sikap seperti tadi pesannya: leader, kreatif dan inovatif, life is choice, PD berani, jujur (IQRO)
(ahmad) 1.Berani tampil beda 2. selalu jujur dalam bertindak dan berkata 3. kreatif dalam mengajar 4. peka dengan hal-hal yang sepele atau yang kecil 5. berani ambil resiko 6. cermat/perhatian dengan lingkungan sekitar 7. keberanian dan cinta itu yang terpenting 8. dan, tentu saja semangat !! untuk murid dan instruktur ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar